Antisipasi PMK, Muspika Sumberpucung Tutup Pasar Hewan Sementara

POLRES MALANG – Kapolsek Sumberpucung AKP Lukman Hudin, S.H. menanggapi munculnya wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) pada hewan ternak dengan menerjunkan Kanit Sat Samapta beserta anggotanya untuk melakukan penutupan pasar hewan bersama dengan muspika terkait pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK ) pada hewan ternak diwilayah Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Selasa (20/09/2022) Pagi.

“Sehubungan dengan merebaknya PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) dibeberapa Kabupaten diwilayah Provinsi Jawa Timur khususnya diwilayah Kecamatan Sumberpucung kami bersama dengan muspika sepakat untuk menutup sementara pasar hewan yang ada diwilayah Kecamatan Sumberpucung.” ujar Lukman.

“Memang ada beberapa dari pedagang hewan ternak yang menyanyangkan penutupan pasar hewan ini, namun para pedagang hewan ternak memaklumimya demi kebaikan bersama.” Imbuhnya.

Sebagai upaya pencegahan, disampaikan kepada para peternak untuk menjaga kebersihan hewan dan kandang, selalu memantau kondisi hewan ternak, apa bila ada hewan ternak yang terserang PMK segera dipisahkan dari hewan ternak yang kondisinya sehat. Bisa juga dengan menghubungi mantri hewan setempat untuk dilakukan penyemprotan disinfektas secara rutin.

“Kami berharap apabila menemukan adanya gejala hewan ternak yang terindikasi terjangkit PMK peternak agar segera menghubungi petugas kesehatan hewan kecamatan agar segera bisa ditindaklanjuti dan segera bisa tertangani sehingga tidak cepat menyebar.” pungkasnya. (Hms.sbrpucung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.