Cegah Kecelakaan Akibat Asap Tebal di Tol, Polisi Gandeng Jasa Marga Laksanakan Patroli Gabungan

POLRES MALANG – Satuan Lalu Lintas dan Satuan Reserse Kriminal Polres Malang bersama petugas Jasa Marga menggelar patroli gabungan guna mencegah terjadinya kecelakaan akibat asap tebal di ruas Jalan Tol Singosari-Lawang, Kabupaten Malang, Kamis (22/9/2022).

Patroli yang juga diikuti oleh petugas Polsek Singosari tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah munculnya kepulan asap di jalan tol yang sering menjadi salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan bebas hambatan tersebut.

Masih dalam ingatan, Minggu (18/9/2022) kemarin terjadi kecelakaan beruntun di Jalan Tol Pejagan-Pemalang Kilometer 253 A. Peristiwa yang megakibatkan satu orang korban jiwa itu terjadi akibat asap tebal dari pembakaran rumput di pinggir jalan tol.

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, S.H., S.I.K., M.H., melalui Kanit III Tipidsus Polres Malang IPDA Choirul Mustofa, S.H., mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Malang merupakan salah satu wilayah yang dilintasi oleh jalan bebas hambatan. Membentang dari utara yaitu Kecamatan Lawang hingga timur masuk Kecamatan Pakis.

Pihaknya mengantisipasi agar kejadian serupa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, tersebut tidak terulang di wilayahnya.

“Kami bekerja sama dengan pihak Jasa Marga berupaya melakukan pencegahan dengan melakukan patroli gabungan di ruas jalan tol yang masuk wilayah Kabupaten Malang,” tegas Choirul.

Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Malang IPDA Andi Agung, S.H., menambahkan, faktor utama terjadi kepulan asap di jalan tol karena kebakaran lahan di sisinya. Asap tersebut biasanya terjadi akibat banyak petani yang membakar sisa panennya hingga menyebar ke ruas jalan.

“Bisa juga melalui puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh pengendara lalu membakar semak berlukar di sekitar jalan,” ucap Andi.

Pihaknya dari Satuan Lalu Lintas Polres Malang juga seringkali mengingatkan pengendara agar tidak menyalakan rokok ketika berkendara. Selain mengganggu komsentrasi, menyalakan rokok di jalan tol berpotensi kebakaran lahan, imbuhnya.

Dalam patroli gabungan siang itu, petugas mendapati aktivitas penebangan tebu dan bekas pembakaran tebangan tebu di sisi barat ruas tol Singosari – Lawang tepatnya di Desa Sidodadi, Lawang, Kabupaten Malang. Rombongan kemudian menepi dan memperingatkan para pekerja agar tidak lagi melakukan pembakaran yang asapnya bisa mengganggu jarak pandang di jalan tol.

Saat patroli dilanjutkan menuju arah utara, Petugas kembali menemukan aktivitas pembakaran sampah di ruas exit tol Lawang tepatnya di belakang perumahan Grand City Residence, Lawang. Dengan santun namun tegas petugas patroli mengingatkan warga agar aktivitas pembakaran sampah dihentikan.

Aktivitas pembakaran tebangan tebu juga ditemukan di sisi timur ruas tol Singosari – Pakis. Hal ini dipengaruhi karena saat ini masih masuk dalam musim panen tebu.

Andi kembali menegaskan bahwa patroli gabungan antisipasi asap tebal di jalan bebas hambatan ini akan dilakukan secara rutin guna meminimalisir potensi kerawanan kecelakaan di wilayahya.

Namun, jika kepulan asap tetap terjadi, Andi meminta pengemudi untuk lebih waspada. “Kurangi kecepatan dan nyalakan lampu sorot,” ujarnya mengakhiri. (u-hmsresma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.